Wah sudah lumayan lama saya tidak mengisi kategori Movie Star di blog ini. Kebetulan karena hari ini tanggal 2 Juli, maka saya putuskan untuk memberikan hadiah sederhana berupa tulisan apresiasi untuk aktris terfavorit dari Korsel yaitu Kim Go Eun yang sedang berulangtahun. Ada 3 alasan akting Kim Go Eun bisa begitu menarik untuk saya.

 

Kim Go Eun, Permata yang Ditemukan dari Audisi Ketat

Kim Go Eun melejit lewat film A Muse yang disutradarai Jung Ji Woo. Lewat film ini Kim Go Eun menyabet belasan penghargaan. Perlu diketahui jika ketika bermain peran di film ini, Kim Go Eun belum pernah sekalipun berakting di depan layar televisi atau film. Aktris yang menghabiskan masa kecil hingga abege di Beijing ini, dipilih dari ratusan peserta. Akting Kim Go Eun sangat memesona.

Tentu saja berakting di film A Muse juga menjadi hal yang sangat sulit bagi Kim Go Eun pada mulanya. Film tersebut menceritakan seorang penulis berusia 70 tahun yang menuliskan fantasinya dengan gadis belasan tahun. Film tersebut bermuatan sastra dan juga imajinasi yang sangat lekat di benak pengarangnya. Setelah pertimbangan yang sangat matang beserta izin dari keluarga, Kim Go Eun menerima tawaran akting dan kini kita bisa melihat betapa besar namanya. Film A Muse mendapat banyak nominasi bergengsi dan Kim Go Eun meraih sebagian besar penghargaan berkat film ini. Permata baru telah muncul di tahun 2012.

 

3 Alasan Menyukai Akting Kim Go Eun

Mengapa hanya menyebutkan 3 alasan menyukai akting Kim Go Eun? Apakah tidak terlalu sedikit? Karena saya seorang fangirl tentu saja tulisan ini tidak sepenuhnya mewakili, tetapi setidaknya 3 subbab berikut ini memberikan gambaran cukup yang mewakili kenapa saya mengidolakan aktris yang terkenal sebagai aktris multitalenta.

1.       Suka Peran Menantang dan Berbeda

Sejak debut di tahun 2012, Kim Go Eun bermain di film-film dengan peran menantang yang cenderung tidak menjual kecantikan. Agak berbeda untuk aktris yang baru debut. Berakting di film A Muse menunjukkan betapa kuat kualitas akting Kim Go Eun yang ingin menjadi seorang sineas film sejak masih sekolah.


Memories of The Sword

 

Setelah A Muse, Kim Go Eun mengambil peran sebagai seorang gadis disabilitas yang ingin membalas dendam atas kematian adiknya di film Monster. Image polos di film A Muse telah luntur. Yang melambungkan nama alumnus Korea National University of Arts ini berikutnya adalah film Coin Locker Girl di mana ia beradu peran dengan aktris kawakan yang saya sukai juga, Kim Hye Soo.

Coin Locker Girl (South Korea, 2015) - Review | AsianMovieWeb
Di Coin Locker Girl

 

Kim Go Eun memotong pendek rambutnya dan di sini dia menjadi anak angkat seorang gangster yang tega melakukan kekerasan. Kim Go Eun juga menunjukkan fluktuasi emosi ketika mulai menaruh hati pada seorang pria. (Baca Juga: Review Memories Of The Sword)

 

4 film berikutnya yang saya tonton membuat saya begitu kagum karena Kim Go Eun yang seolah sanggup melebur di dalam perannya. Favorit saya tentu saja di film silat Memoirs of The Sword.  Berakting dengan Lee Byung Hun dan Jeon Do Yeon, tak menyurutkan pesona Kim Go Eun. Ia tampil meyakinkan dengan kemampuan beladiri dan ilmu pedangnya. Di film Sunset In My Hometown pun aktris yang juga jago menyanyi ini rela menaikkan berat badan sampai hampir 10 kg dan belajar bahasa dialek. Air mata saya terkuras habis di film Canola yang mengisahkan hubungan seorang gadis dengan nenek.

(Baca juga: Review Sunset In My Hometown)


review Sunset In My Hometown
Berperan kocak di Sunset In My Hometown

 

Film terbaru yang membuat Kim go Eun dinominasikan sebagai aktris terbaik di Chunsa Film Arts Award 2020 lalu adalah Tune In For Love. Chemistry yang manis dengan Jung Hae In dan film romansa tahun 90-an hingga awal 2000, membuat hati penonton hangat serta mengingat lagi kisah cinta pertama mereka dengan segala hambatan di masa muda. Film ini menjadi salah satu film terlaris di minggu perdana penayangannya.

 

Maka wajar jika Kim Go Eun disebut sebagai aktris chungmuro muda yang berpotensi besar di film-film berikutnya. Filmnya Hero, sangat saya tunggu tahun ini. Di film Hero ia akan berperan sebagai geisha sekaligus mata-mata korea untuk penjajah Jepang di masa perjuangan.

 

2.       Tidak Asal Memilih Drama

Popularitas Kim Go Eun makin meroket setelah membintangi 3 drama dan sejak drama pertamanya ia selalu mendapat peran utama. Masih ada saja yang memprotes tiap kali bintang Chungmuro ini mendapat tawaran drama hanya karena dianggap tidak sesuai standar visual pujaan Korea.


hong seol
Menjadi si pintar namun kikuk, Hong Seol

Berperan sebagai anak kuliahan yang pintar dan juga harus berjuang untuk bertahan hidup dengan pekerjaan sambilan, dapat dijiwai oleh Kim Go Eun sebagai Hong Seol di Cheese In The Trap. Popularitasnya makin meroket sebagai aktris Hallyu di Goblin, siapapun tak menyangka jika usianya sudah 25 tahun ketika memerankan sosok Ji Eun Tak yang masih SMA.

kim go eun
Menjadi gadis SMA di Goblin

 

Dan yang paling saya suka sekaligus fenomenal tentu saja di drama terbarunya The King Eternal Monarch. Drama yang juga ditulis oleh Kim Eun Sook ini menantang Kim Go Eun untuk berperan menjadi dua sosok berbeda dengan wajah sama sekaligus peran pertamanya sebagai detektif polisi.(Baca Juga: Review The King Eternal Monarch)

 

Di The King Eternal Monarch

Terlepas dari beberapa fans pemuja visual di drakor, Kim Go Eun mengukuhkan prestasinya tak hanya di kancah film. Para produser berusaha menariknya sebagai pemeran utama, termasuk Kim Eun Sook yang sampai memintanya untuk berperan di drama karyanya untuk kedua kali. Lewat dua drama pertamanya, Kim Go Eun meraih Best New Actress dan nominasi Best Actress di Baeksang Arts Award. She is totally a megastar!


"I have something I hope for myself, and it's that I'm always a healthy mindset. It's actually hard to keep. It'd be nice to be beautiful on the outside, to, but I think if I set a beauty standard and try to fit myself to it, I will be worn down because it'll go against my own uniqueness. I believe that everyone has their different beauty. Women are beautiful just by existing. I think there's a beauty to every age that's so clear. You get a rock and then cut it again and again to make it a shiny jewel, and I think the process women go through as they age is so beautiful." - Kim Go Eun

 

3.       Bisa Memberikan Penjiwaan Maksimal di Dalam Aktingnya

Walaupun menjadi aktris yang sangat populer di drama korea, Kim Go Eun tidak asal memilih peran. Penjiwaannya juga tercermin dari kerja keras yang dilakukan agar perannya bisa menyentuh hati penonton. Her acting is tearjerker. Saya menangis sedih tiap kali Kim Go Eun mulai menangis.

 

Aktris yang juga meraih beasiswa di masa kuliahnya ini sangat concern dengan pendidikan. Meski menjadi bintang di debut film pertama, ia sempat mengambil cuti untuk menyelesaikan kuliah. Selain itu beragam pujian juga datang untuk gadis yang hobi berpakaian kasual ini untuk suaranya yang merdu. Kini Kim Go Eun menjadi ambassador untuk beragam produk terkenal dari minuman hingga fashion seperti Chanel.

 

Inilah 3 alasan besar akting Kim Go Eun sangat dipuja. Sosoknya yang cantik dan sederhana menjadi faktor ia dicintai banyak fans berbagai negara. Selamat ulang tahun, Kim Go Eun. Happy Ggoneday!

 

 

6 Komentar

  1. Film Canola awal liat GoEun, but blum tertarik. muncul di Goblin ttp masih biasa aj. Finally,,, tertarik dgn GoEun lewat TKEM ampe tiap hari buka youtube, IG, and Twitter berulang kali mau liat about her. kalo dibilang dia tuh ibarat magnet krna aurany yg memikat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di TKEM emang perannya udah sangat-sangat matang, menjadi 2 sosok berbeda dengan wajah sama itu beneran nggak gampang plus chemistry sama Lee Min Ho, uwu, makasih udah mampir ya :)

      Hapus
    2. I agree with u,,,
      di TEKM dia benar2 keluarin kualitas actingny. main sama Minho ndk nyangka jg chemistry bkl seperti itu. pdhl alsan nonton krna writernimny, eh malah bucin ma couple LeeEul. And this time with no regrets Mereka couple ke 2 yg make me fall in love again stlah couple Rain x Song hye Kyo di Full House. sama2 ;)

      Hapus
  2. Moga yang terbaik untuk mereka semua ya ^^

    BalasHapus
  3. Kualitas akting Kim Go Eun ya selalu maksimal deh. Kecuali Canola aku lihat semua peran dia yang disebutkan di atas. Mulai demen sama aktris satu ini saat di Coin Locker Girl. Ntah kenapa karakter dia di situ bikin aku terperangah. Aku selalu berharap semoga ntar ada kesempatan project lain biar cinta di film itu kesampean sama aktor Park Bo gum. Hahaha... :)

    BalasHapus
  4. lebih suka liat Kim Go eun maen di movie dari pada serial drama. aoalagi genre historical gitu. keren...

    BalasHapus