Bagaimana jika kamu dilahirkan di tengah keluarga besar yang memiliki kesempurnaan? Ditambah lagi jika kamu adalah satu-satunya orang yang tidak punya keistimewaan apa-apa. Mirabel adalah sosok yang berbeda di tengah keluarga besarnya. Keluarga Madrigal dikenal memiliki kemampuan ajaib. Review Encanto ini akan menyoroti bagaimana plot dijalin dengan sangat cantik di dalam keluarga.


Premis jelas dan fokus dari sudut pandang Mirabel

Keluarga Madrigal adalah keluarga yang memiliki keajaiban. Di awal film kita akan diajak berkenalan dengan keluarga besar tersebut dengaan kemampuan uniknya masing-masing. Alma Madrigal, yang juga dipanggil Abuela alias Nenek, menjadi akar utama keluarga tersebut.

Abuela memiliki tiga orang anak kembar. Dua putri yang bernama Pepa dan Julieta serta seorang putra bernama Bruno. Pepa dan Julieta menikahi pria setempat yang tidak punya kemampuan ajaib. Pepa bisa mengatur cuaca sesuai mood, Julieta mampu menyembuhkan penyakit dengan makanan buatannya, dan Bruno yang bisa melihat masa depan.

Karena sebuah insiden, muncul konflik antara Bruno dengan keluarganya. Ia pun pergi meninggalkan rumah sejak Mirabel, putri bungsu Julieta masih sangat kecil. Pepa memiliki dua anak yang juga dikaruniai kemampuan ajaib. Hanya Mirabel saja yang tidak seperti dua orang kakak perempuan dan para sepupu.

Mirabel dengan ibu, ia selalu merasa tersisihkan



Mirabel selalu terlihat ceria dan membanggakan keluarga, tetapi sebenarnya dia iri dengan saudara-saudaranya. Ia ingin mendapat pandangan penuh kasih sayang dari neneknya. Semenjak Mirabel gagal mendapatkan kekuatan ajaib, sang Nenek terlihat tidak terlalu memperhatikannya. Ia merasa seperti produk gagal yang tidak ada gunanya di dalam keluarga Madrigal.

Cara menarik menyusun plot dan konflik

Disney benar-benar menawan dengan kesegaran cerita yang ia buat. Tidak ada tokoh antagonis dengan penuh dendam kepada protagonis. Konflik dibuat sesederhana Mirabel hanya ingin mendapat pengakuan dari nenek yang sangat ia hormati.

Nenek yang menjadi
sosok paling disegani



Ketika suatu malam Mirabel mendapatkan pandangan masa depan tentang keretakan rumahnya, ia sekuat tenaga ingin mencegah hal itu terjadi. Plot bergerak dari usaha-usaha Mirabel yang ingin membuka misteri dari hal yang ia lihat. Saat visualisasi itu muncul di mata Mirabel, tidak ada yang bisa melihatnya. Kemampuan saudari sulungnya sempat melemah ketika retakan muncul.

Pernahkah merasakan retakan yang muncul dalam sebuah hubungan? Inilah metafora cerdas yang digunakan Madrigal dalam animasinya. Retakan di sebuah rumah yang dipenuhi manusia serba sempurna ini hanya terlihat oleh Mirabel, seseorang yang tidak punya kemampuan ajaib sama sekali.

Akhirnya Mirabel mengungkap satu per satu rahasia hati beberapa anggota keluarganya. Tentunya dengan soundtrack merdu khas Disney yang dapat menghanyutkan penonton. Suasana ceria dan haru berganti di adegan-adegan penting yang menjadi pondasi utama cerita. Mirabel akan menjadi sosok penting agar keluarganya tidak hancur.

Rumah yang berusaha dijaga dari kehancuran


Di sini kita akan kembali bercermin baik sebagai seorang kakak yang dipenuhi tanggung jawab, seorang anak yang diharapkan selalu sempurna, dan bungsu yang merasa tersisihkan. Ini adalah kisah yang jamak dialami banyak orang.

Warna-warna cantik dengan musik khas Spanyol juga membuat saya betah. Gaun-gaun cantik di animasi mendorong saya ingin berburu pakaian dengan gaya bohemian. 


Encanto sangat cocok ditonton bersama keluarga. Renungan mendalam disajikan lewat alur yang menarik sejak awal. 



3 Komentar

  1. Selalu suka baca review mba Reff. Selalu bikin penasaran ikutan nonton 😍

    BalasHapus
  2. Aku udh liat trailernya pas kemarin nonton bioskop mba. Pengen bangt mau nonton ini bareng anak2 sih. Tapi aku masih ga berani bawa mereka ke bioskop. Makanya berharap banget nunggu kluar di Disney hotstar 😄, kalo udh ga main di bioskop :D. Jadi ntr bisa nonton bareng Ama anak2

    BalasHapus
  3. wah mau ini nonton, aku suak abnget film anak2 buatan luar, menghibur, bikin senang, antural , tak menggurui dan ada pesan moralnya

    BalasHapus