The Cursed adalah percobaan tvN untuk membuat drama bergenre mistik yang selama ini setahu saya lebih sering tayang di OCN. Bagi yang menyukai drakor sejak lama pasti tahu soal dua stasiun TV kabel popular di Korsel tersebut. tvN terkenal dengan drama yang bergenre fantasi, romance, keluarga. Ada satu drama bergenre crime-thriller yang masuk jajaran peraih rating tertinggi yaitu Signal (dan saya juga suka banget). Nah untuk genre mistis ini termasuk hal baru bagi tvN. Sedangkan OCN memang rumahnya drakor bertema gelap dari crime, mistis, horor, serta thriller.


Dari teaser The Cursed pertama saja, saya melihat ada potensi keren dari drama ini. Menyajikan empat tokoh sentral dengan kualitas akting jempolan. The Cursed ini bisa disebut juga drakor bertema santet yang scientific. Kok bisa? Karena salah satu tokoh dukunnya saja selalu melakukan riset dan bekerjasama dengan profesor atau peneliti untuk menyelidiki sebuah mitos dan legenda. Beda banget pokoknya.


Cerita diawali dua perempuan yang naik mobil menuju daerah pegunungan. Mereka mendatangi rumah seorang dukun untuk mengutuk seseorang. Rupanya dukun perempuan yang didatangi ini mengirim kutukan menggunakan kekuatan gelap putri kecilnya. Episode pertama sudah bikin depresi nih. Tak lama kemudian si ibu dukun yang merasa bersalah lalu minum-minum di depan rumah. Rumahnya dikunjungi sekelompok orang yang membunuhnya tanpa banyak bicara. Rumah dibakar, si putri kecil kabur duluan sebelum diketahui penjahatnya. 10 tahun kemudian gadis kecil ini tumbuh di panti asuhan, namanya Baek So Jin (Jung Ji So).


Image result for the cursed cast korea
4 tokoh sentral yang keren

Perpaduan Alur Khas Detektif dengan Ilmu Santet

Konflik makin bertambah asyik ketika sosok jurnalis yang sangat haus keadilan bernama Im Jin Hee (Uhm Ji Won) sedang mencari tahu kejahatan tersembunyi perusahaan Forest. Tidak disangka keterlibatannya dalam penyelidikan kasus ini akan membawanya berkenalan dengan si gadis SMU berambut pendek, Baek So Jin. Mulanya Jin Hee tidak percaya jika CEO Forest, Jin Jong Hyun (Sung Dong Il), sebenarnya dirasuki iblis. So Jin mengatakan, “Aku bisa melakukan bangbeob pada CEO Jin. Asal aku mendapat barang pribadinya, foto, dan hanja ireum (nama dalam huruf aksara mandarin).”

Image result for the cursed cast korea
Baek Jin Hee


Bangbeob ini diterjemahkan sebagai prosedur alias santet. So Jin ingin membalas dendam karena ternyata CEO Jin dan dukun bawahannya yang bernama Jin Kyung (Jo Min Su) yang menjadi otak pembunuhan ibunya. CEO Jin ini pebisnis berdarah dingin. Siapapun yang dianggap mengganggu, akan diculik, disiksa, lalu dibunuh.

Image result for the cursed cast korea
Im Jin Hee

Jangan berpikir jika dukun harus berbaju serba gelap dan menyeramkan. Sisi menarik dari The Cursed lainnya adalah sosok dukun Jin Kyung yang sangat modis dan cantik. Jika tak tahu profesinya, orang awam pasti mengira Jin Kyung sebagai pemilik butik dan penyuka seni. Suami Jin Hee yang seorang detektif polisi, menyelidiki kematian-kematian misterius yang diduga berkaitan erat dengan Forest. Seru karena alur cerita yang serupa puzzle bersaing dengan para tokoh jahat yang punya kekuatan supranatural.

Image result for the cursed cast korea
CEO Jin


Mistis Tapi Tidak Seram, Melatih Otak

Jika kalian penyuka film horor, mungkin akan kurang suka dengan drakor ini. Tidak seperti The Guest di OCN yang habis-habisan menyodorkan adegan orang kesurupan dan penampakan iblis Park Il Do yang bikin merinding, The Cursed lebih fokus pada sosok manusianya. Pertarungan kutukan antara Jin Kyung, So Jin, dan CEO Jin ini sangat seru. Kita akan diperkenalkan pada mitos iblis Asia Timur seperti Inugami. Penyelidikan Jin Hee dan Jin Kyung pun menuntut mereka untuk banyak membaca naskah. Seorang dukun pun melakukan riset untuk menangkal kutukan.

Image result for the cursed cast korea
Jin Kyung, si dukun modis

Para aktor dan aktrisnya pun luar biasa. Baek So Jin ini juga berakting di film Parasite sebagai gadis kaya yang manja. Di sini dia bisa menampilkan aura sinis sampai sosok imutnya di Parasite hilang. CEO Jin ini sering tampil menjadi supporting actor juga. Saya kenalnya dia berakting di It’s Ok That’s Love sebagai seorang psikiater ceria yang flamboyan. Di The Cursed, sosok CEO Jin membuat takut hanya dengan lirikan tajamnya. Dialog-dialog The Cursed juga tidak terlalu panjang namun  cerita bisa tersampaikan dengan baik. Kita akan dibuat berpikir dengan clue-clue baru di tiap episode. Sinematografinya pun sangat cantik.


Siapa yang akan kalah? Mengapa Forest menjadi perusahaan digital yang mencurigakan? Apakah iblis Inugami itu bisa dilenyapkan? Tonton drama ini agar tahu seberapa keren penulis Train to Busan dalam menulis script untuk layar kaca.

0 Komentar