Byun Yo Han, Kim Tae Ri, Kim Min Jung, Lee Byun Hun, Yoo Yeon Sok



Perjuangan adalah sebuah kata yang maknanya tidak ringan. Apalagi berjuang di tengah penjajahan. Ada darah yang harus mengalir dan juga air mata yang tak habis-habis dari para pejuang yang dikenal maupun tidak. Itulah yang menjadi latar belakang dibuatnya drama korea Mr. Sunshine ini. Meski judulnya cenderung tidak menyiratkan unsur perjuangan, namun saya bisa merasakan susana patriotisme itu begitu lekang dari awal episode hingga episode terakhir.

Drama ini ditulis oleh Kim Eun Sok, penulis naskah cerdas yang sukses membawa drama DOTS dan Goblin menjadi idola tak hanya di kawasan Korea Selatan melainkan di kancah internasional. Sampai sekarang pun para pecinta drakor pasti masih ingat bagaimana gagahnya Song Joong Ki yang beradu peran dengan Song Hye Kyo hingga kisah cinta mereka bersatu indah di dunia nyata. Kesuksesan DOTS di tahun 2016 lalu diikuti dengan Goblin yang membawa Gong Yoo kembali ke layar kaca bersama Kim Go Eun, aktris muda yang menyapu bersih lebih dari enam penghargaan Aktris Pendatang Baru Terbaik di tahun 2012.

Agaknya Kim Eun Sok pun mencoba untuk kembali keluar dari zona nyamannya. Dua mega hits dramanya yaitu DOTS dan Goblin memiliki dua tema yang sangat jauh berbeda. Setelah puas dengan tema romansa di daerah konflik dan juga aroma fantasi, kini Kim Eun Sok mencoba genre saeguk (historikal) untuk menandai comebacknya di dunia drama. Masih bekerjasama dengan sutradara Lee Eung Bok dan juga stasiun TV kabel TvN. Drama Mr. Sunshine ini diproduksi selama hampir setahun dan memakan biaya yang amat fantastis untuk membangun setting hingga membawa para pemeran terbaiknya.

Bertabur Bintang Hingga Sarat Kontroversi
Siapa yang tidak kenal dengan Lee Byun Hun? Aktor senior yang juga sudah dikenal di dunia film Hollywood ini akhirnya kembali lagi ke layar kaca setelah 9 tahun hanya berkutat di layar lebar. Suami aktris Lee Min Jung ini juga dikenal aksinya di film G.I Joe serta film box office lain di Korea Selatan. Pemilihan Lee Byun Hun dirasa sangat tepat, karena tak hanya dari kemampuan beraktingnya, tetapi juga kepaiwaiannya untuk berbicara dalam bahasa Inggris aksen Amerika dan juga Jepang menjadi ciri khas tokoh Eugene Choi.

Selisih 20 tahun? Chemistry mereka perfect

Meskipun diwarnai kontroversi karena skandal yang sempat menimpa Lee Byun Hun, Kim Eun Sok tetap meneruskan proses produksinya. Daya tarik lain dari drama ini adalah lawan main Lee Byun Hun yang memiliki selisih usia 20 tahun, Kim Tae Ri. Lagi-lagi Kim Eun Sok membidik seorang aktris muda yang juga menyapu bersih banyak pernghargaan di film pertamanya seperti Kim Go Eun. Kim Tae Ri populer di film kontroversial The Handmaiden dan berperan sebagai Go Ae Shin, putri bangsawan yang juga menjadi seorang pejuang kemerdekaan.

Cerita Mr Sunshine berpusat pada Eugene Choi yang dulunya terlahir sebagai anan budak. Akibat kekejaman majikan orang tuanya, kapten Amerika ini harus kehilangan ayah dan ibu di usia sembilan tahun. Di masa itu, status  budak sangat tidak dihargai dan bisa diperlakukan semena-mena. Demi menyelamatkan diri, Choi Yu Jin, nama asli Eugene, kabur ke Amerika setelah dibantu Hwang Eun San dan juga seorang misionaris bernama Joseph.

Setelah dewasa dan menjalani hidup yang sangat keras di negeri Paman Sam, Eugene Choi ditugaskan kembali ke Joseon untuk menjadi perwakilan legasi pasukan Amerika Serikat. Di sebuah insiden penembakan, Eugene bertemu dengan Go Ae Shin. Go Ae Shin adalah putri bangsawan yang juga menjadi seorang penembak jitu di Pasukan Kebenaran. Impian Ae Shin adalah menumpas para pengkhianat bangsanya dan mempertahankan kedaulatan Joseon bersama Pasukan Kebenaran yang menyembunyikan identitas masing-masing.

Gaya Pacaran Backstreet Zaman Penjajahan :D


Pertemuan dan tragedi mendekatkan mereka hingga Eugene pun jatuh cinta pada Ae Shin. Di sisi lain, Ae Shin telah dijodohkan dengan putra bangsawan lain Kim Hui Seong (Byun Yo Han). Orang tua Hui Seong ini dulunya adalah majikan kelaurga Eugene. Takdir itu membuat Eugene bertekad untuk balas dendam atas kematian orang tuanya.

beda status sosial

Konflik semakin menarik dengan kehadiran Gu Dong Mae (Yoo Yeon Sok), seorang ahli pedang yang menjadi pimpinan yakuza, Mushin. Gu Dong Mae dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin yang memiliki masa lalu buruk di Joseon. Sebagai anak tukang daging, Dong Mae dan keluarganya dilecehkan oleh rakyat jelata lainnya. Pertemuan dengan Ae Shin di masa kecil, menumbuhkan perasaan cinta yang begitu dalam hingga ia dewasa. Dong Mae juga bekerja untuk melindungi hotel Glory yang dimiliki Hina Kudo. Hina Kudo menunjukkan ketertarikan pada Eugene Choi. Perempuan yang juga jago anggar ini dipercaya kaisar untuk menjadi mata-mata.

Image result for gu dong mae mr sunshine
Yoo Yeon Sok Sebagai Gu Dong Mae


Di masa itu, Joseon sedang dilirik banyak negara besar. Tentara Amerika Serikat mendirikan legasi dan Jepang yang jelas-jelas ingin menguasai Joseon pun mulai menimbulkan ketegangan. Konflik yang terdiri dari banyak segi mulai budaya bangsawan zaman dulu yang terlalu arogan, intrik politik dan cinta buta tiga pria pada satu gadis bangsawan membuat drama ini menarik minat pecinta drama. 








Kim Min Jung Sebagai Hina Kudo



Karakter Hina Kudo dan Go Ae Shin mewakili sisi feminis yang sangat kuat. Keduanya jago memakai senjata, lumayan bisa berkelahi, tidak segan membunuh dan juga bisa menjadi sekutu yang setara dengan para pria. Sinematografi super cantik turut memanjakan mata penonton.




sinematografi super cantik (Sumber: Soompi)
Penonton dibawa naik turun emosinya di tiap episode. Chemistry antara Lee Byun Hun dan Kim Tae Ri juga sangat serasi hingga jarak usia 20 tahun terkikis. Alur cerita memang cukup pelan, tetapi terus menanjak sampai klimaks. Akan banyak banjir darah dan air mata setelah Ito Hirobumi dan pasukan Jepang mulai mengacau keamanan Joseon. Kita akan dibawa ikut menderita, seolah berada di zaman perang pada masa itu.

tiap setting punya detail indah (Sumber: Soompi)















 Tokoh Fiksi Berpadu Nyata


Meski dilatarbelakangi kisah sejarah, tokoh utama Mr Sunshine ini fiksi. Eugene Choi digambarkan sebagai sosok cerdas yang tak hanya jago tiga bahasa tetapi juga ahli strategi. Kehadiran Kyle dan Gwang Soo yang menjadi temannya di legasi Amerika, mewarnai kehidupan Eugene. Perbedaan status Eugene dan Ae Shin juga menjadi jurang karena hubungan mereka ditentang Go Sa Hong, kakek Ae Shin. Dengan gagah, Eugene meminta Ae Shin untuk tetap patuh pada kakeknya. Dukungannya terhadap Ae Shin juga termasuk membantu Ae shin yang terus ingin menjadi pejuang. Tokoh sejarah yang memang nyata adalah Kaisar Gojong dan Ito Hirobumi.

Lee  Byun Hun Sebagai Eugene Choi


Ae Shin adalah gadis keras kepala yang kedua orang tuanya tewas di saat menjadi Pasukan Kebenaran. Meski dilarang keras untuk memegang senjata, Ae Shin terus rajin belajar dan membaca agar bisa mengetahui kondisi negerinya. Menentang tradisi juga dilakukan termasuk meminta Kim Hui Seong untuk membatalkan pertunangan.  

Kim Tae Ri Sebagai Go Ae Shin
Walau sempat terkejut setelah mengetahui latar belakang Eugene sebagai budak, Ae Shin tetap maju dan mengacuhkan semua cibiran. Tak seperti drama lainnya, hubungan Ae Shin dan Eugene sangat lembut. Pelukan serta tatapan mata dalam saja sudah menunjukkan kekuatan cinta mereka.

Kim Hui Seong dan Go Dong Mae yang sangat mencintai Ae Shin turut memberi humor tersendiri. Rasa cinta itu tidak membuat mereka saling berkelahi. Mereka ingin melindungi Ae Shin dengan caranya masing-masing. Dan jangan lupakan Hina Kudo yang ikut berkonfrontasi dengan ayahnya Lee Wan Ik, si pengkhianat Joseon yang telah membunuh orang tua Ae Shin.


Byun Yo Han Sebagai Kim Hui Seong




















Karakter seluruh tokoh sangat kuat hingga terus tertancap di benak. Tokoh-tokoh pembantu dan figuran juga membuat saya jatuh cinta. Semuanya memiliki peran penting di dalam alur cerita. Tokoh antagonisnya pun, Lee Wan Ik dan Takashi Mori membuat saya begitu membenci mereka. Sayangnya, ending dikemas kurang masuk akal, tetapi hal ini tidak mengurangi kenikmatan dalam menonton dramanya.


3 Pria Beda Karakter Mencintai Gadis yang Sama 


24 episode Mr Sunshine menorehkan sukses baru bagi Kim Eun Sok dan seluruh pemerannya. Rating yang konsisten tinggi hingga mencapai puncak di episode terakhir telah membuktikan kecakapan naskah serta kerjasama tim yang solid. Menonton drama ini akan membangkitkan jiwa nasionalisme dan tentunya menyadarkan kita jika tanah air itu adalah segalanya, terkadang sampai rela mengorbankan kepentingan diri sendiri.

2 Komentar

  1. kak aku juga dulu suka nonton goblin..aku demen drakor tapi kenapa ya gk bisa hapal nama2 artisnya.:D

    BalasHapus
  2. Hahhha wajar. Saya aja biasa hapal yang tokoh utama aja. Kaya nulis ini kan mastiin lagi lewat Google 😂😂

    BalasHapus